cacat logika

Standard

Tuhan tidak bisa pake logika! Mungkin karena kamu gak ngerti caranya berlogika, atau emang gak punya logika. Sebuah klaim otomatis gak valid kalau cacat logika. Boro-boro dibuktiin, klaimnya aja gak logis. Contoh: di dalam kaleng susu ini, ada seekor gajah. Cacat logika, karena besar gajah lebih besar daripada besar kaleng. Jadi untuk apa repot-repot meminta bukti kalau klaimnya aja cacat logika?

Yang menarik, Tuhan adalah salah satu klaim yang cacat logika. Ironisnya, yang menemukan “cacat” tersebut adalah filsuf muslim yang tersohor, Ibnu Rushd (Averoes): paradox ketidakterbatasan.

“Apakah Tuhan mampu menciptakan batu yang tidak mampu dia angkat?” Ini problem yang dikemukakan. Bila jawabannya YA, maka Tuhan berarti terbatas karena tidak bisa angkat batu yang dia ciptakan sendiri. Bila jawabannya TIDAK, maka Tuhan berarti terbatas juga, karena tidak bisa menciptakan batu tesebut. Problem ini menunjukkan, bahwa ketidakterbatasan atau maha kuasa (omnipotence) itu cacat logika. Padahal, ketidakterbatasan atau maha kuasa adalah atribut utama Tuhan.

Konsep Tuhan itu cacat logika.

2 thoughts on “cacat logika

  1. diablo

    Yg cacat bukan konsep Tuhannya, tapi paradoks itu emg permainan logika. Rumus logika semestinya mengikuti pola: A -> B, B -> C, sehingga A -> C.. Itu logika matematika sederhana (cukup sekolah sampe SMP ato SMA dah diajarin kok).

    Jadi logikanya mestinya: Tuhan itu maha kuat, Tuhan mampu mengangkat segala hal, Sehingga TIDAK MUNGKIN ada benda yang tidak bisa dia angkat.

    Jadi yg cacat logika pada paradoks itu adl ‘Batu yg tidak bisa diangkat Tuhan’. Kalo muncul di soal ujian akhir: mana logika yang salah, silakan disilang pilihan itu.

    Jgn dibantah, anda hanya akan kelihatan bodoh.

  2. Richard Stallman

    @diablo
    Wew dicek dulu kalimatnya pak
    Tuhan : A
    Maha kuat : B
    Mampu mengangkat segala hal : C
    Tidak mungkin ada benda yang tidak bisa dia angkat : D
    Implikasi anda adalah:
    A->B
    A->C
    D
    Cacat logika, pak. Dicek ulang kemampuan matematisnya. Katanya cukup sekolah sampe SMP.
    0/10. Bantahan anda kelihatan bodoh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s