pembuktian ketiadaan

Standard

Ada baiknya kita belajar hal hal dasar, dalam berlogika. sehingga kau keluar dari perlombaan goblok-menggobloki. Kesalahan paling mendasar adalah ketika si teis kebingungan membuktikan keberadaan tuhan yang dia percaya, memang ada. Kebingungan tak bisa dibuktikan. Maka si jenius ini, malah membebankan pada mereka yang tidak percaya. Demi membenarkan kebodohannya, sebagaimana diapun kebingungan membuktikan ketidakberadaan monster spaghetti terbang. Tanpa ia sadari, apa yang sedang dilakukannya adalah kesalahan paling mendasar dalam berlogika. A logical fallacy.

Garasiku kosong, dan aku bilang padamu: “Hey aku punya mobil BMW loh!” Otomatis kamu akan bilang: “Mana? Gak ada tuh!” Bukan tugas orang yang tidak percaya untuk buktikan ketidakberadaan mobil tersebut, karena memang tidak ada mobil di garasi. Tugas orang yang percaya untuk membuktikan keberadaan mobil tersebut, meski garasinya terlihat kosong. Garasi kosong adalah keadaan yang tidak perlu dibuktikan. Karena memang kosong dan semua orang tidak melihat adanya mobil apapun.

Logika yang sama berlaku untuk keberadaan/ketidakberadaan Tuhan. Pada dasarnya, kondisi awalnya memang tidak ada Tuhan. Tugasmu sebagai orang yang percaya untuk buktikan bahwa dia ada. Bukan tugasku untuk buktikan bahwa Doi tidak ada.

Kamu tidak bisa membuktikan ketiadaan apapun, gak usah jauh-jauh Tuhan, sebatang pensil juga gak bisa kok. Ketiadaan bukti tentang X, bukan bukti kalau X tidak ada. Melainkan X TIDAK TERBUKTI Ada. Ini bukan permainan kata. Dan siapa yang BERKEWAJIBAN untuk membuktikan? Yah si pembuat klaim. Ini disebut BEBAN PEMBUKTIAN. Jadi, jika Anda ngeklaim Tuhan eksis, beban pembuktian ada pada Anda, bukan pada mereka yang gak percaya sama klaim Anda. Ini adalah salah satu dasar ilmu debat. Universal, gak cuma debat agama. Saya share agar Anda tidak mempermalukan diri di lain hari.

3 thoughts on “pembuktian ketiadaan

  1. diablo

    Anda keliru, dalam hal pembuktian tidak melulu wujud fisik yg harus dibuktikan. Misalnya dalam suatu pengadilan tidak melulu maling harus ditunjukkan benar2 sedang mengambil barang, tapi cukup dg bukti-bukti dan saksi.

    Dg kata lain, keberadaan Tuhan tidak harus dibuktikan dg keberadaan fisik – tetapi bisa dg indikasi-indikasi yg menunjukkan ketidakmasukakalan jika Tuhan tidak ada. Misal keberadaan angka phi pada banyak hal di dunia ini. Apakah kebetulan? Atau ada greater power yg membuat itu mungkin?

    Mana yg lebih kamu suka?

    • delusophical

      Pengacara tuhan sedang membela tuhan, memanggil saksi dan segala macamnya tanpa harus membuktikan keberadaan fisik.. Apa tuhan sedemikian lemahnya sampai harus dibela sama kamu, wahai manusia?

      Lagian, entry tsb tidak melulu bicara mengenai pembuktian secara fisik. Tapi SEGALA PEMBUKTIAN YANG BISA DIVALIDASI. Silakan, buktikan :))

      • SAYA BUKAN MEMBELA TUHAN, TAPI ANDA TIDAK PAHAM, BAHWA SAINS TIDAK BS MENJANGKAU SEGALANYA, PEMBUKTIAN TUHAN ADA TERLIHAT D VALIDASI OLEH CIPTAANYA, SEBUT SAYA MAHKLUK HALUS/JIN APA ANDA BS MENJELASKAN TENTANG FENOMENA TERSEBUT, KALAU ANDA PERLU BUKTI IKUT UJI NYALI DUNIA LAIN. MISCONCEPT ATHEIS FATAL DISINI.. KESALAHANY BESAR.. DAN BAGAIMANA RESPONE AYAT2 TUHAN TERHADAP MAKHLUK2 TERSEBUT. THT CALLED GHAIB, TRANSENDEN..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s