Nilai

Standard

Manusia punya banyak nilai yang mengikat hidupnya. Nilai ini diciptakan untuk menentukan mana yang baik dan buruk. Nilai adalah buatan manusia, produk dari sebuah peradaban. Pembatas yang diciptakan dan hidup di jamannya sendiri. Secara tidak sadar, nilai ini diturunkan dengan berbagai cara, dari generasi sebelumnya kepada generasi sesudahnya.

Seiring dengan kemajuan jaman, akan muncul nilai-nilai baru, yang merupakan perkembangan atau perubahan dari nilai yang dahulu. Sehingga, kita temui, banyak sekali nilai-nilai yang sudah punah, ataupun nilai-nilai primitif yang masih berubah.

Sepanjang garis peradaban, perubahan nilai akan terus berlangsung, sesuai ketentuan jaman. Nilai yang lebih baik, tentu akan menjadi pilihan utama manusia. Zaman akan mengeliminasi, nilai yang tidak mungkin lagi digunakan. Seperti, bagaimana bahasa yang berlapis-lapis, dan menentukan kasta dalam masyarakat sudah tidak dipakai lagi. Atau pergeseran nilai, yang membuat manusia sangat menghargai nyawa dan kebebasan manusia lainnya.

Tapi, untuk menggeser nilai-nilai lama, mendorong pembusukannya diikuti dengan nilai-nilai pemberontakan. Seperti bagaimana Louis XIV, dilucuti dari kekuasaan perwakilannya terhadap tuhan dan tersungkur menyembah rakyat. Tunas nilai-nilai baru akan bertumbuh, di atas bangkai nilai-nilai lama, yang selama ini dipertahankan. Ia akan menemukan jati dirinya, pada ujung penanda zaman yang telah membusuk.

Kebebasan yang sejati itu seperti anak-anak yang mencoret tembok rumahnya, tapi hanya sebatas sampai pintu pagarnya. Karena ia tau, bahwa karena jika kebebasannya ia gunakan untuk mencoret tembok tetangga, itu akan merepotkan yang lain.

One thought on “Nilai

  1. @justmyself1307

    Ni tulisan intinya apaan sih?

    Nerangin/jelasin sesuatu yg sdh jelas. Kayak anak sma nulis tulisan bebas dengan tema ‘nilai’

    Kalo gw guru sma, cukup saya kasi nilai 7 :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s