Calvinism dan Arminianism

Standard

Istilah keren “aliran” dalam kristen adalah “denominasi”. Ada ratusan, kalo bukan ribuan. Di indonesia aja banyak banget. Ada protestan, advent, reform, karismatik, pentakosta, bethel, baptis, metodis, dll. Tiap denominasi miliki ajaran beda-beda.

Secara garis besar, doktrin keselamatan dalam kristen terbagi 2: calvinism dan arminianism. Indonesia kebanyakan calvinism.

Calvinism: keselamatan orang ditentukan oleh tuhan dan hanya tuhan, manusia tidak punya kuasa mengubah nasibnya. Predestinasi.

Arminianism: keselamatan ditentukan oleh sikap dan keputusan seseorang. Tuhan menghargai kehendak bebas tiap manusia.

Misalnya ada orang bertobat, menerima yesus dan masuk kristen, tapi sebelum mati dia ngebunuh orang (dengan alasan apapun). Calvinism bilang orang tersebut akan tetap masuk surga karena keselamatan tidak ditentukan oleh tindakan manusia, tapi pilihan tuhan.

Arminianism bilang orang tersebut akan masuk neraka, karena telah melanggar keputusan yang dia buat sendiri dan gak menghargai karunia.

Calvinism bilang keselamatan bukan hasil kerja keras manusia karena tidak ada tindakan apapun yang bisa bikin manusia layak.

Arminianism bilang keselamatan butuh kerja keras karena karunia tuhan bukan hal yang sembarangan dan gratisan, harus dijaga.

Dua doktrin umum ini terus jadi perdebatan sampai sekarang. Bukti bahwa doktrin bukan wahyu ilahi tapi konsensus lembaga. Gak beda jauh sama sunni dan syiah dalam islam. Apanya yang ilahi kalo bisa ada perpecahan dan perbedaan tajam dalam agama yang sama. Bukti bahwa 1) tuhan tolol gak bisa turunin doktrin dengan jelas, atau 2) tuhan gak peduli, atau 3) tuhan emang gak ada.

Kalo benar tuhan itu yang nomer 1) dan 2) ya buat apa nyembah tuhan kayak gitu? Tuhan tolol yang gak peduli perpecahan umatnya.

Kalo jawabannya yang nomer 3) terus buat apa beragama? Bikin ribet diri sendiri dan ikutan dalam memecah belah kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s