You and Me Are Equals

Standard

Perdebatan abadi apakah twitter itu kaya tivi, yang kalo topiknya ngebosenin trus bisa ganti channel atau matiin tuh tivi. Padahal kalo bicara soal interaksi, twitter jauh banget sama tv Kecuali kalo akun berbayar yah. Lah gue sapa yang bayar? Freemason? XD

Butuh interaksi. Butuh obrolan 2 pihak. It takes two to tango. Itu sih yang saya tau soal twitter. Dilema lainnya: Menanggap ateisme itu adalah jawaban, bahkan kamus berjalan. Kawan, ada yang kamu tau tapi saya gak tau!

Pergeseran paradigma dari teisme ke ateisme itu fokus sebenarnya bukan soal pengeTAHUan, tapi soal keJUJURan. Jadi kalo kamu tau sesuatu, mari kita obrolkan. Bagikan ke saya, dan saya akan bagikan ke yang lain. Ratusan kali orang-orang nanya soal topik-topik yang sama, bikin saya belajar kalo ada kenyataan pahit yang harus diterima.

Kenyataan bahwa gak semua orang seberuntung kamu dan saya, yang punya akses lebih ke informasi, bahkan bisa memilah misinformasi. Ketika saya terus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sama tersebut, saya jadi getir, karena saya anti oracle, anti nabi, anti kitab suci. By doing that I’m defeating my own purpose. Ask yourself, find it yourself, not me. You and me are equals, not oracles nor prophets.

Contoh:

Jaman waktu jadi teis: kalo sikat gigi jadi batal gak puasanya?

Jaman si teis jadi ateis: kak, evolusi itu manusia dari monyet ya?

 

We are doomed!

Percuma dibilang peralihan paradigma kalo sebenarnya karakter dan orang-orangnya gak ada yang berubah. Saya gak peduli kamu follower lama atau baru, ateis atau teis. Yang saya liat kamu ada di paradigma yang mana. Ada koneksi internet di tangan kamu. Pake itu untuk cari tau soal apapun tentang sains dan agama. Jangan pake buat bbm-an aja! :)

Orang-orang jaman dulu kalo tau soal smartphone pasti iri sama kita. They would kill for that. Don’t take technology for granted. Yang sempet nikmatin jaman non internet (mis: orba) pasti pernah ngerasain gimana susahnya cari informasi. Mau cari satu quote untuk skripsi/thesis aja kudu ke perpus dulu. Mesti naik bus, obrak abrik buku, pinjem, balikin lagi. Sekarang ada ebook, online articles, websites. Tinggal beberapa klik elo bisa dapetin. Hemat waktu, tenaga dan duit.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s