Tanggalan Kafir

Standard

Yang muslim sebenernya gak boleh ikutan taon baru, karena ini tanggalan Gregorian yang dibuat oleh seorang paus. Kafir! :)

Dan penghitungan tahun Masehi memakai patokan kelahiran Yesus sebagai tahun 0. Al Masih = Masehi. Kafir! :)

Jadi muslim kok nanggung? Sholat nungging 5x sehari tapi pake tanggalan kafir, pake tanggalan Hijriyah aja sono. Tapi gak bisa kan? Kalo mau strict sama aturan agama lu, ya lu jadi kepisah dan beda sendiri dari peradaban masyarakat dunia. Sebagai bagian dari peradaban global modern, mau gak mau, ya lu ikut serta dengan seluruh dunia. Agama lu udah gak relevan. Ini yang gue berulang kali bilang, agama hanya efektif dalam sebuah masyarakat homogen. Kalo heterogen, gak bisa.

Homogen maksudnya, kalo semua manusia di bumi itu arab dan muslim, ya boleh lah lu pake islam buat ngatur segala macem. Tapi kan kenyataannya gak gitu. Kita hidup dalam masyarakat heterogen yang berwarna-warni, plural, dan berbeda-beda. Memaksakan aturan islam dalam dunia yang banyak umat non-islamnya, ya jelas goblok.

Oh yes, the same way goes for christian too. We are the citizen of the world, we will not bow to your religious domination.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s