Sekilas Mengenai Hukum Taurat

Standard

Asal usul kitab-kitab suci emang cenderung bombastis. Mulai dari ngaku oral tradition, ilham ilahi, sampe masalah buta huruf.

Oral tradition itu klaim yahudi soal kitab mereka. Itu gak bener. Mereka hanya mulai peduli sama kitab mereka sejak dibuang di Babylon. Ilham-ilahi itu klaim kristen soal kitab-kitab mereka. Lewat roh kudus, katanya, penulis-penulisnya “inspired to write” XD

Ada 600 lebih hukum dalam hukum taurat yang orang kristen banyak gak tau, bukan cuma soal udang. Misalnya soal hari sabat gak boleh nyetir mobil (api/elektronik), atau haram makan cheeseburger (susu/keju campur daging sapi). Yang menarik itu gak ada kesepakatan tunggal di kekristenan dalam memandang Perjanjian Lama. Melanggar hari sabat itu juga haram. Hukumannya gak tanggung-tanggung: lapidation alias stoning (bukan cimeng ya, tapi rajam).

Makanya geli liat kristen (mis: kristen advent) melihara sabat tapi naik mobil ke gereja dan transaksi di resto. Ini 2 pelanggaran. Tapi sampe sekarang belom pernah denger jemaat kristen advent yang dirajam karena ngelanggar sabat XD

Ngomong-ngomong soal rajam, ini termasuk hukuman yang paling tua. Udah dipake di bangsa-bangsa Sumeria/Mesopotamia, sebelum Abraham lahir. Yahudi klaim rajam sebagai hukuman yang diperintahkan Yahweh. Katanya tuhan tapi jenis hukuman aja minjem dari budaya lain. Di taurat gak ada ditulis ini hukum moral, itu hukum upacara. Taurat ya taurat. Lengkap dan detail cara-caranya. Dilemanya orang-orang kristen melihara hukum taurat ya harus taat smuanya, 600 lebih itu. Ngelanggar 1 artinya ngelanggar semua. Kalo cuma pelihara yang 10 perintah, mis. Hukum sabat, gimana detailnya pelihara hari sabat? Yah gak ada di 10 perintah itu. Satu-satunya jalan untuk ngeliat detail cara melihara hukum sabat ya harus liat puluhan hukum-hukum yang lain yang ada di dalam taurat.

Jadi di jaman Yahudi dulu, aturan dalam taurat bilang nyalain api di hari sabat itu haram. Mirip seperti hari raya Nyepi. Jaman adanya listrik, interpretasi api itu digantiin sama listrik. Jadi gak boleh idupin listrik atau mesin mobil selama Sabat. Makanya kalo baca injil soal yesus sama murid-muridnya dikritik soal makan makanan di dalam bait auloh, itu karna gak ada yang masak di hari sabat.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s