Moving The Goalpoast dan Fallacy Amphiboli

Standard

Buat yang mau belajar logical fallacy, apa yang dibuat @L_Fahlevi ini termasuk salah satunya. Bisa dikategorikan sebagai “moving the goalpoast.

Awalnya dia bilang kalau kabah itu dibuat ibrahim. Saya tanya buktinya. yang dia twit-twit cuma ngoceh soal geologi, carbon dating, dll. Jadi goalpost-nya itu kabah yang diklaim sebagai buatan ibrahim. Nah dia pindahin goalpoastnya. Bicara soal geologi, mapping, carbon dating, dll :)

Kalo Anda mau debat kusir, cara itu termasuk gampang. Tinggal pindahin topiknya. Topik originalnya tinggalin aja :) Kalo Anda dijebak dalam debat dengan taktik kaya gitu, jangan terpengaruh untuk masuk ke topik yang meluas. Tetap fokus ke topik awal.

Yang kaya gitu udah sering saya temuin kalo debat agama. Teriak-teriak terdengar ilmiah dari B sampe Z, tapi A yang jadi pertanyaan gak disentuh :) Mereka pikir mereka bisa ngelabuin audience seperti nabi mereka ngelabuin umatnya. Gak lagi deh di peradaban manusia :)

Fallacy amphiboli/ambiguity: kesalahan berpikir penggunaan sebuah kata yang bisa memiliki lebih dari satu makna. Contohnya: ateis gak percaya hal gaib, (karena itu) aneh kalau ateis percaya udara eksis (karna udara gaib). Gaib dalam bahasa indonesia memiliki lebih dari satu makna : 1. tidak terlihat, 2. perkara misterius http://www.artikata.com/arti-327581-gaib.html

Konteks ketuhanan, memenuhi kedua definisi gaib tersebut, sedangkan udara hanya sebatas tidak kasat mata. Bahkan secra islam, definisi gaib meluas http://www.ghoibruqyah.com/index.php/Bahasan/Ghaib-dalam-Terminologi-Islam.html

Sulit memiliki titik temu, jika definisi yang dipegang oleh dua pihak berbeda. untuk situasi ini, penyamaan istilah perlu dilakukan. Kalau penyamaan istilah gak bisa dilakukan, hentikan debat. Bakal jadi debat kusir :)

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s