Lingo dan Fundies

Standard

Menjawab pertanyaan soal fundamentalis agama:

 

Maap kalo gue ngetwit suka pake lingo, kaya fundies, libs/liberal. Ternyata masih banyak yang gak tau. Lingo juga gak tau? Lingo maksudnya terminologi, slang, atau kosa kata khusus di suatu bidang.

Jadi fundies atau libs itu contoh kata-kata dari lingo. Maksudnya fundamentalis dan liberal. Lingo kaya gitu biasa ditemuin dalam diskusi-diskusi bidang agama/politik. Wajar. Karena spektrumnya beda-beda. Pembagian spektrumnya sebenarnya ada banyak. Tapi yang suka rusuh ya di sekitar 2 hal itu, fundies atau libs :)

Fundamentalis itu grup yang berfokus ke fundamental agama/ideologi. Cirinya menekankan pada konteks literal/harafiah. Sebaliknya, libs/iberal = grup yang “ambil baiknya aja” dari agama/ideologi. Cirinya berfokus ke pemaknaan konteks yang non literal.

Dalam sejarah sebuah agama/ideologi, kedua grup ini sering bersebrangan walaupun sama-sama di bawah satu atap. Bersebrangannya bukan hanya pada pemaknaan konteks kitab suci, tapi juga ke sumber dana, wilayah, cara kerja, dll.

Fundies menolak rekonstuksi makna walaupun jaman sudah berubah, karena mereka anggap kitab suci adalah ilahi, cocok di segala jaman. Sementara liberal menganggap justru karena kitab suci adalah ilahi, maka perlu rekonstuksi pemaknaan, supaya bisa tetap cocok di segala jaman.

Buat saya yang ateis, mau cara mana pun yang dipake, fundies atau liberal, keduanya membuktikan bahwa kitab suci tidak ilahi. JIL itu salah satu contoh gerakan liberal. Rebranding. Berusaha mengadaptasikan agama dengan perubahan jaman. Banyak yang bilang perseteruan antara fundies dan libs itu sebenarnya proxy war antara 2 pihak raksasa. Yang fundies bilang liberal didanai amriki/zionis, yang liberal bilang fundies dibiayai arab wahabi. Terlepas dari situ, dua-duanya memang boneka. Sama sepert boneka yang dipake kaum kapitalis amriki waktu bantai komunisme di Indonesia taun ’65. Lagi-lagi kaum berpikir cuma bisa jadi kaum boneka. Berulang kali sejarah kasih liat kalo agam hanya menggunakan manusia jadi boneka, terlepas itu fundies maupun liberal.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s