Kemajuan Zaman Dan Relevansi Agama

Standard

Piers Morgan bilang alkitab dan konstitusi perlu diamdemen karena cacat: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2253902/Now-Piers-Morgan-says-Bible-flawed.html Kapan ada di Indonesia? :)

Kaya kemaren yang gue bilang soal konstitusi dan pancasila. Buatan manusia. Jangan disakralin. Era Internet, kitab-kitab usang seperti alkitab dan quran, perlu ditaroh di tempat semestinya: gak usah dibakar atau dimusnahkan, tapi diperlakukan sebagai buku-buku yang flawed (cacat). Nyatanya kemajuan sains dan teknologi gak pake kitab usang seperti alquran, alkitab dan landasan seperti pancasila.

10-20 taun lagi smartphone yang elo pake sekarang bakal seperti itu, jadi barang usang. Elo masih tetep mau pake?

Awal cerita amandemen alkitab itu karena perdebatan soal 2nd amendment di konstitusi amrik. 2nd amandment menjamin hak warga amriki membawa/memiliki senjata. Saat amendemen itu ditulis, mereka mungkin belom kebayang ada senjata yang bisa muntahin puluhan peluru dalam hitungan detik. Dulu jamannya senjata itu masih musket. Begitu selesai nembak, mesti bersihin laras, isi mesiu, baru bisa nembak lagi. Masih belum canggih seperti sekarang.

Yang pro gun biasanya pake analogi mobil. “Kalo senjata dilarang, kenapa mobil gak? Mobil terbukti ngebunuh banyak orang.” Tapi analogi tersebut yah akhirnya flawed by function. Fungsi senjata beda dengan mobil. Tujuannya apalagi. Kaum fundamentalis kristen dan pro konstitusi lebih edan lagi. Solusi mereka untuk crime by gun ini adalah: more guns!

Lagi-lagi beranalogi, mereka bilang liat amrik vs USSR dengan senjata-senjata nuklir mereka, more nuclear weapons on each side, buktinya gak ada serangan nuklir. Tapi apa bisa nyamain guns dengan nuklir? Belum lagi dari jaman presiden Reagan, their beloved president, ada usaha-usaha mengurangi nuklir.

Ketika realita jaman memperlihatkan banyak rugi daripada untungnya, masih ada aja orang-orang yang terjebak romantisme masa lalu. Romantisme masa lalu lewat buku-buku usang seperti doktrin dalam konstitusi dan kitab-kitab yang dianggap suci. Tetap gak mau move on. Belum lagi ditambah data yang menunjukkan jumlah gun victims di negara-negara maju, amrik paling tinggi.

Pro konstitusi dan fundamentalis kristen di amrik berada di tenda yang sama: Republican party. Yah ibaratnya PKS, PPP gabung sama PDIP & Gerindra dalam satu partai. yang beda bisa dicap anti nasionalis dan anti agama XD

Perdebatan gun policy ini sudah ada bertaun-taun di amrik, dan saya ga bakal kaget kalo ternyata tidak akan ada solusinya. Belum lagi ditambah doomsday apocalypse yang mistis dan mitos, tapi sangat digandrungi (baca: dipercaya) di amrik. Ketakutan masyarakat amrik kalo suatu saat pemerintahnya jadi fasis, ambil senjata mereka, dan memulai kiamat global alias akhir jaman. Padahal di sejarah amrik, apa ada presidennya jadi tiran, berkuasa seumur hidup? Paling parah cuma civil war. Itulah yang timbul kalo masyarakat dicekokin sama hal-hal yang mistis dan mitos seperti dari ajaran-ajaran alkitab. More and more gun victims, but still paranoid.

@violentlypeace @Agamajinasi liat borobudur, pyramid. dihasilkan tanpa sains. matematika dalam arsitektur blm benar2 dipakai. hargai saja pendahulu kita.

Klaim dulu, baru cari bukti belakangan. #logikatheis

Awalnya piramid itu dari kuburan biasa. Lalu ditumpuk. Bahasa mesirnya: mastaba. Pertama ditumpuk 6 mastaba, lalu lebih lagi dan lagi. Ngitung angkanya gimana kalo gak dari sains? Belum lagi ngitung batunya. Itu baru dari segi bangunan ya. Belum dari segi uang dan hubungannya sama bangunan-bangunan besar seperti piramid dan borobudur. Bikin bangunan gede gitu, butuh upahin pekerja. Kalo pun pake budak, kudu ada logistik untuk kasih makan mereka.

Apa gue menghargai kereta kuda? Jelas menghargai dalam kerangka sejarah. Tapi apa dengan itu gue ga bisa pake mobil? Jujur, apa elo menghargai smartphone? Jelas iya, karena elo pake. Tapi apa elo peduli siapa pencetus ide smartphone? Jelas gak. Dulu gue pernah tanya, siapa di sini yang masih pake nokia pisang? Nokia pisang loh ya, bukan nokia sejuta umat :) Nyatanya kan gak. Walaupun elo mungkin dulu pake nokia sejuta umat, bukan berarti elo selalu harus pake itu karena harus menghargai.

Begitu juga agama. Kalo udah gak mumpuni lagi dengan perubahan jaman, kenapa harus dipaksa untuk tetap dipake?

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

One thought on “Kemajuan Zaman Dan Relevansi Agama

  1. iya ya sepintar emang benar apa yang di tulis oleh emosting di atas tapi hanya bagi orang-2 yang nggak mengenal dirinya sendiri yang menganggap agama adalah flawed.

    agama disamakan dengan smartphone ini adalah logika orang gila yang berusaha benar dalam setiap tindakannya, sebagaimana benar yang di anggap orang waras. saran gue loe arusnya sekolah lg biar pinter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s