Hukuman Akibat “Being”

Standard

Kelemahan hukum negara itu kalo masih kasih hukuman akibat “being“, bukan “doing“. Seperti di Uganda yang bikin UU baru yang kasih hukuman ke homoseksual. Keadilannya di mana? Siapa yang dirugiin? Kalo hukuman didasarkan kepada “being”, jangan kaget jika sikon berbalik, UU tersebut bisa jadi senjata makan tuan. Kalo merampok, membunuh, memperkosa dijatuhkan hukuman saya setuju. Tapi hanya jadi ateis, homoseksual, atau komunis, kok malah dihukum? Apa Anda mau hanya karena Anda menjadi islam atau kristen, Anda dihukum? Tentu gak. Kalo begitu kenapa gak pake standar yang sama?

Kalo saya jadi pengacara dan mau heboh, saya bisa aja seret semua orang yang ngaku beragama tapi sebenarnya gak pernah ibadah. Buktikan di pengadilan, kalo mereka ateis. Saya bisa buktikan kalo mereka ngakunya aja beragama, tapi sebenarnya gak beriman. Sodorkan bukti-bukti tersebut. Dengan begitu orang akan sadar, menghukum orang hanya karena “being” ternyata senjata makan tuan.

Kita bicara realistis aja:

Siapa presiden RI dalam sejarah yang udah ngamalin sila ke 5?

Presiden RI kebanggaan umat muslim, BJ Habibie, kok gak pernah diseret ke pengadilan soal sila ke-3 menyangkut lepasnya Timtim?

Megawati SP perintahkan Menteri Agama bawahan dia cari harta di Batutulis atas bisikan dukun, itu bukannya musyrik langgar sila 1?

Kerusuhan Poso, TimTim, Maluku itu di bawah rejim presiden siapa? Itu bukannya melanggar sila ke-2?

Pemilihan presiden langsung, itu jelas melanggar sila ke-4. Siapa presidennya waktu UU tersebut disahkan?

Kenyataannya, menyalahkan eksistensi (being) seseorang karena dia ateis atau homoseks atau apa pun itu, harus dipikirkan oleh kaum mayoritas negeri ini. Dengan contoh-contoh para presiden yang melanggar dasar hukum di negara kita, apa tidak malu mempermasalahkan semut di seberang lautan tapi membiarkan gajah di pelupuk mata?

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s