Hermeneutika (Alias Ilmu Ngeles)

Standard

Menjawab perihal isu kekristenan dan ilmu tafsir:

Nabi dalam sejarah Yahudi itu ada banyak, ratusan ribu orang. Udah kaya orang jualan di pasar. Mirip kaya filsuf-filsuf Yunani, nabi-nabi nongkrong di jalan atau alun-alun. Teriak-teriak pake nama tuhan. Jualan pencerahan yang mereka dapet. Nabi-nabi yang tenar di Taurat jumlahnya ga sampe 60 orang, biasanya ada koneksi ke istana, atau berani beda/ anti mainstream. Seperti dukun, ada nabi-nabi yang nubie, ada juga yang udah punya murid-murid dan pengikut, diajarin untuk jadi nabi-nabi baru.

Dukun yang jago biasanya karena udah belajar dari pengalaman (baca: kesalahan-kesalahan). Mainannya jadi ekstra hati-hati. Jadi kalo masih baru, biasanya dukun bakal innocent untuk nanya customernya, “kamu siapa? Butuh apa?” Dukun kok nanya. Dukun pengalaman bakal pantang untuk nanya-nanya begitu. Ketauan kalo elo sebenarnya gak tau. Cuma minta data supaya jadi sok tau.

Paralel dengan cerita di alkitab soal yesus nanya ke orang yang dirasuk setan; itu salah satu loopholes gede dalam kekristenan. Ceritanya ada di sini, Yesus nanya setan apaan yang ngerasuk itu orang: http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Luk&chapter=8&verse=30

Makanya ada hermeneutika soal kristologi, misalnya, belajar DUAL nature of Jesus (tuhan dan manusia), bagus buat nutup loopholes. Jadi pas yesus nanya itu setan, dia itu manusia makanya gak tau thus dia nanya. Tapi begitu ngusir setan, tiba-tiba dia jadi tuhan :)

Semua orang bisa jadi nabi kok, tinggal belajar cold reading plus ilmu ngeles. Mulai dari buta hurufnya muhamad sampe dualismenya yesus. Kalo dah jago ilmu ngeles (justifikasi) dan loopholes keliatannya dah ketutup, baru deh tepuk tepuk dada bilang bahwa (agama) elo itu divine.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s