Fallacy Redherring/Strawman

Standard

Salah satu fallacy yang paling populer adalah “red herring” (ikan herring merah). Disebut demikian, karena ikan tersebut pandai berkelit :)

Kira-kira bentuknya kayak gini: A : Berdasarkan penelitian coklat LEBIH SEHAT daripada alkohol | B : Tapi minum alkohol adalah HAK saya!”

Dalam contoh tersebut: topik ttg KESEHATAN, dialihkan menjadi topik HAK GAYA HIDUP. menggunakan elemen diskusi yang sama: ALKOHOL. “Red herring” juga punya sodara dekat.. namanya “strawman” (boneka pengusir burung). Argumen yang diberikan lawan bicara diambil secara salah (diluar konteks) dan dihajar habis-habisan dan mengklaim kemenangan secara sepihak. Persis dengan namanya strawman: kamu gak bisa mukul orangnya, kamu pukulin bonekanya, trus lari-lari kesenangan berasa menang :D Untuk contoh strawman, saya ambil lgs dari TL saya sendiri :)

Nah ini contoh strawman :D >> RT @kangsodiq: kisah MEJA ala akun atheis by @BRUTALLlTY http://chirpstory.com/li/40626

Argumen asal: saya sedang menunjukkan kekonyolan prilaku pencipta teis (kalau memang ada), dengan menggunakan perumpamaan. Perumpamaan yang saya gunakan adalah pembuat meja yang sedang marah sama ciptaannya sendiri yang cacat (meja). Tapi lawan bicara menggunakan analogi itu ke luar konteks dan mengalihkannya ke isyu penciptaan. Kekacauan berpikir yang dilakukan oleh lawan bicara adalah: menggunakan analogi penciptaan meja >> mengakui hipotesa penciptaan. Prilaku ini indikasi kuat adanya keputus-asaan argumentasi. Menipu diri dengan membuat dunia argumen yang baru.

Jika Anda menggunakan analogi “doraemon pakai pintu ajaib”, sang lawan dengan keterbatasan intelektualnya akan nuduh: doraemon eksis :D Dan yang lebih parah, sang lawan yang menggunakan jurus strawman, biasanya memiliki sindrom Dunning Krugger :)

Dunning Krugger Effect : seseorang yang terlalu bodoh, untuk menyadari kalau dirinya sendiri bodoh :) Sindrom ini membuat sang penderita merasa menang, dan mengalami euphoria :)

Saya akan menghentikan debat dengan pengidap sindrom seperti ini, karena ada sebuah bahaya laten: kebodohan itu menular. Jadi sekian sharing singkat mengenai fallacy redherring/strawman. Silakan telaah bentuknya di page ini: http://chirpstory.com/li/40626 :)

 

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s