tuhan elo murah!

Standard

Lotere itu hukum probabilitas. Gak sengaja nemu duit ya cari tau punya siapa bukannya malah dicolong itu bukan duit elo@andreaspardede

Ini bicara moralitas RT @andreaspardede Kalau kita tidak tau siapa pemiliknya bgaimana? Apakah dibiarkan saja seperti itu.

Udah berapa kali ada berita orang-orang di negara maju nemuin duit trus balikin duit bahkan kasih pengumuman kalo ilang duit silakan hubungi anu. Kalo kaya gitu terjadi negara-negara yangg mayoritas kaum agamis, apa gak dikatain bego dan goblok? Kenapa kejujuran berbanding lurus dgn sekulernya suatu negara dan berbanding terbalik di negara beragama?

Naik haji bisa pake duit pake korupsi. Proyek pengadaan kitab suci dikorupsi. Jangan pura-pura “astapirulloh!” deh. Elo tau itu dan elo mungkin lakuin jg. Mayoritas ngelakuinnya. Tapi karena beritanya muncul di publik harus keliatan anti kan?

“Gue gak pernah korupsi milyaran!” Iya tapi elo nyontek di sekolah, barang di kantor elo embat, proyek kerjaan elo markup. Sama aja bung! Ini bukan soal atheis sok suci. Tapi soal keseimbangan yg ada dalam konsep moralitas sekuler. Ketika elo ngembat, nyontek, nyolong, elo mungkin punya justifikasi “gak ada yg dirugiin kok!”

Ketika elo nyontek, elo ngerugiin temen elo yg mati-matian belajar biar lulus. Ketika elo ngembat duit negara, kemungkinan besar itu duit dari nenek-nenek buruh panggul yg kudu bayar sales tax waktu beli sabun cuci. Sebagai orang yg diajarin ada tuhan yg pengasih dan penyayang yg maha melihat, elo gak kasian sama orang-orang itu?

Kenyatannya gak. Elo gak kasian. Agama akhirnya jadi vaksin yg bikin orang gak kebal lagi sama virus. Toh agama sediain emergency exit kan? Ada puasa bulanan buat ngapus dosa. Ada doa tobat sebelum mati biar masuk sorga.

Agama yang sama yg coba meyakinkan gue adanya tuhan? Gak kebeli, bung! tuhan elo jd murah karena ajaran2 di dalamnya.

 

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s