konsep tuhan primitif

Standard

“Gimana kalo agama elo itu bohong? Kalo hidup itu gak ada maknanya? Kalo eksistensi elo di dunia gak sekeren yg elo kira?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut saya tanyakan ke orang-orang. Dan banyak yg menolak untuk menjawabnya. Takut patah hati dengan realita?

Mereka memilih tetap tinggal di dalam gua yg gelap daripada beranjak melangkah keluar, menikmati terang di luar sana. Gimana kalo benar? Kalo benar maka tuhan yang MAHA KUASA itu tidak memerlukanmu untuk meyakinkanku soal eksistensinya. Dulu manusia memberikan makna dan harapan ke manusia lain, supaya tetap bisa bertahan hidup.

“Memang engkau tidak bisa kaya, tidak bisa berumur panjang. Tidak bisa dapat wanita cantik. Tapi di sorga nanti engkau dapati semuanya.”

Ternyata yg engkau bilang maha kuasa itu cuma jago kandang. Itu pun kalo kandangnya eksis :)

Apakah makna dan harapan salah? Tentu tidak. Tapi pikirkan, masa dunia bisnis bisa ngalahin tuhan, dgn kasih makna dan harapan yg feasible? Dunia bisnis bisa kasih long term investment plan. Sementara tuhan elo gak bisa, bisanya cuma nanti abis elo mati dulu. Cerita mistis tuhan yang namanya agama itu seperti cerita-cerita ufo yang bilang alien dulu pernah datang bantu peradaban manusia. Kalo saya jadi alien, saya kenalin manusia sama teknologi internet daripada konon katanya pernah bantuin bangun piramida dari batu. Kalo saya jd tuhan, saya bakal bikin cerita yang jauh lebih bagus daripada cerita mistis di kitab-kitab suci.

Politikus2 sekarang pun lebih pintar daripada tuhan. Mereka buat diri mereka visible, feasible dan accessible. Sementara tuhan? Apa elo bakal pilih politikus yg nyalahin elo karena elo gak bisa liat dia, ragu sama plan dia, dan gak bisa dapet respons dia dgn cepat? Politikus sekarang udah berani bilang “saya yg bertanggung jawab atas semua yg terjadi”, sementara tuhan masih nyalahin setan dan elo.

Konsep tuhan yang dibuat ketika jaman masih primitif ya begitu. Ketika peradaban makin maju, konsep tuhan tersebut akan terlihat semakin aneh.

Si nenek moyang lupa kalo peradaban terus maju, meninggalkan konsep tuhan yg mereka buat RT @wahoyz Janji palsu nenek moyang ;)

Kalo saja mereka tau soal atom dan neutrino, tentu mereka gak akan bikin cerita mistis titian rambut dibelah tujuh. Kalo saja mereka tau jadi kaya gak bikin bahagia, tentu mereka gak bakal bikin mistis jalan berlapis emas dan mansion di sorga. Kalo saja mereka tahu satu wanita di jaman skarang aja udah bikin susah, tentu mereka gak bakal bikin cerita mistis 72 bidadari di sorga :)

 

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s