Kekristenan dan Politik

Standard

Dari dulu saya mau share soal kekristenan dan politik karena saya sempat ada di dalamnya. Memandang sesuatu dari dalam lalu melihatnya kembali dari luar seringkali kasih pandangan yang refreshing.

Dulu suka ikutan kebaktian di gereja-gereja yang sering undang pembicara dr luar, karena kasih banyak pertanyaan yg di kepala. Pertanyaan awal biasanya sekitar, “kenapa pembicaranya sering (kalo gak bisa dibilang selalu) dr amrik?”

Cuma baru 5-10 taun terakhir suka ngundang dari Oz atau Sg. Mungkin paska krismon jadi gak bisa bayar tiket, begitu dugaan saya. Dugaan saya gak sepenuhnya benar. Karena belakangan baru tau kalo pembicara-pembicara tersebut kadang datang gak (minta) dibayar.

Yang dulunya naif, setelah bertaun-taun ngeliat jadi ngerti. Peta agama kristen dan politik di amrik ternyata berhubungan erat. Sama seperti kalau anda aktif di twitter; ada korelasi antara si A dan B dan C. Ada peta who’s who-nya. Gitu juga agama.

Buat yang bagian dr jemaat, peta tersebut emang gak keliatan. Gak perlu juga kan? Anda cukup tau kalo ini God’s works :)

Biasanya kalo pembicaranya ada misi dr organisasinya di amrik, mereka gak minta bayaran. Walaupun ada yg maruk juga. Maksudnya maruk, travel cost elo udah ditanggung dari sana, tapi elo ngantongin duit waktu jadi pembicara juga: 2 kali dibayar. Not to mention gereja di amrik gak kena pajak. Audit pun voluntary dan internal. Tapi tentu mereka klaim itu berkat dr yesus. Apa harus agama dipajakin? Yah gak harus sih, selama gak ikut campur kebijakan publik. Tapi realitanya kan beda.

Politik kekristenan di amrik gak lepas dari dibentuknya negara Israel dan menang perang dunia skitar 50 taun yg lalu. Ide amrik itu negara kristen mulai bangkit (lagi) dr era yg sama. Ada korelasinya walaupun kausalitasnya tetap didebatin. Jadi kalau gereja elo aliran lutheran, methodis, karismatik, mormon atau SDA, elo kudu sadar kenapa pusatnya di amrik. Amrik jelas bukan negara kristen. Sama seperti Indonesia juga bukan negara Islam.

Gimana dibilang negara kristen kalo founding fathersnya seperti Thomas Jefferson gak percaya konsep trinitas dan virgin Mary.

Ada paralel yg kuat kl ngeliat kaum fundies kristen di amrik dengan kaum fundies Islam di Indonesia. Karakteristiknya sama. Sama-sama pengen bikin negara agama. Sama-sama anti sains. Sama-sama numpang semangat nasionalis untuk agenda mereka.

Ini jg untuk jawab pertanyaan kenapa fundies Islam akhirnya gak nolak UUD 45/Pancasila lagi? Karena itu kontra produktif. Jadi penumpang gelap ya kudu ngikut gerbong paling depan, sebelum akhirnya ambil alih gerbong depan.

Jd jgn heran kalo 50-100 taun lagi fundies Islam di Indonesia teriak-teriak soal konstitusi DAN Alquran. Gejalanya udah ada.

Kalo loe orang kristen protestan, masa elo gak ngerasa ada yg salah kenapa kiblat/pusat gereja elo ada di amrik? Dalam sejarah kekristenan selama 2000 taun, amrik gak ada posisi dan peranan di dalamnya. Cuma 50-100 taun terakhir amrik mulai pelan-pelan geser hegemoni eropa di sejarah kekristenan. Ini erat kaitannya dengan teologi dominionisme. Mendominasi dunia lewat ajaran2 kristen.

Dominionisme berdasar 2 ayat di alkitab; soal menguasai bumi (Kejadian) dan soal jadiin semua orang murid Yesus (injil). Jangan ngomong kristen itu gak kaya Islam, agresifnya sama. Politiknya sama: World domination. “Tapi gue protestan bukan karismatik!” Sama aja. Spt wahabisme, dominionisme juga punya banyak spektrum.

Apa bener tokoh2 kristen di amrik menganut dominionisme? http://t.co/b60rDlG6

Elo ngerasa agama elo gak punya pusat? Atau elo anggap semuanya itu wajar karena elo mungkin cuma tool? To dominate the world ya kudu pelan. Taro orang2 (yg sepaham sama) elo di partai politik, misalnya. Tapi apa cuma di politik? Ya gak. Kudu inget kalo media itu fourth political power: http://t.co/nJHcjHCr

Kepentingan politik israel dan amrik ketemu di satu poin dan alat yg efektif: kekristenan.

Link terakhir itu ditulis oleh jurnalis yang udah meninggal. Tipikal kristen yang awalnya memandang Israel seperti kebanyakan orang-orang kristen. Kalo PKS punya underbow, ‘kekristenan’ di amrik juga punya banyak. Misalnya CUFI: http://t.co/JDRnBmbD

Jadi seperti di awal twit sebelumnya. Ada kepentingan untuk kirim pembicara2 ke negara-negara asia. Biaya udah ditanggung dari amrik. Siapa yang nanggung biaya? Yah organisasi-organisasi NGO underbow tsb. Jualan ideologi dalam bungkus agama.

Jadi orang2 Indonesia pro Israel ini gue liat gak beda sama kaum fundies Islam yg pro wahabis: Tool.

Dominionisme bergerak ke afrika: http://t.co/UpuPRxU5

Jadi kalo ada pembicara dari luar ngomong di gereja elo trus bawa2 isu soal dukung Israel, elo skarang tau bekgronnya. Agama elo cuma alat untuk kepentingan politis. Kepentingan orang sono, bukan orang sini. Kalo elo doa rame-rame sambil nangis buat Israel dan duit elo keluar buat persembahan, ya jelas itu bukan buat yesus.

Saya gak bisa cerita detilnya. Baca aja link-link yg td saya kasih dan cari tau lebih lagi. Apa karena semua orang dipengaruhi oleh satu ide tertentu lantas orang tsb jadi tool? Jelas gak.

Elo jadi tool kalo elo udah rela ngasih badan elo ditato bhs Ibrani atau arab karena nyangka tuhan di posisi elo. Elo jadi tool kalo elo keluar duit, nyangka elo nolongin misi tuhan. Padahal duit elo dipake utk kepentingan politik. Elo jadi tool kalo elo nyangka dgn doa pake bahasa Ibrani atau bhs arab, doa elo jadi lebih sah. Elo jadi tool waktu elo lebih heboh dateng ke gedung ibadah karena ada pembicara dari luar mau kotbah. Elo jadi tool kalo elo lebih memuja bangsa Israel atau Arab daripada bangsa elo sendiri. Elo jadi tool kalo elo gak terima agama elo di mata orang lain ternyata gak sekeren yg ada di pikiran elo. Elo jadi tool ketika elo rela ngapain aja demi penggenapan akhir jaman yg sebenarnya cuma pepesan kosong.

Tool A: Yesus datang lagi! | Tool B: itu Dajjal, bukan Isa! | Gue: Kalian bacok2anlah sampe mati biar dunia akhirnya damai.

Dulu pernah urusin travel pembicara tenar, inisial MH. Dana udah ada. Lengkap cover semuanya. Bukan cuma dia tapi seluruh crew. Misinya ke negara2 di Asia. Termasuk Indonesia. Tapi kaget waktu temen di JKT jemaat juga dimintain duit buat misi dia. Si temen itu bilang waktu pembicara lain yg lebih tenar (inisial BH) dateng ke JKT juga begitu.

Setau gue kalo gak telling the WHOLE truth, apa masih bisa dibilang the truth? Apalagi ngomongin (pemimpin2) agama.

Gue liat video MH dan BH waktu mereka kotbah di JKT. Minta persembahan buat misi mereka, tapi gak bilang kalo mereka GAK butuh itu. Jadi selain misi global agama-politik, di dalemnya ada misi personal: korupsi. Atas nama tuhan. Waktu MH selesai sama misi PI (pekabaran injil kok ke gereja2?), gue liat rekap finansial misinya. Item persembahan dr JKT? Gak ada.

Dari situ gue mulai mikir, kalo tingkat internasional aja begini, gimana tingkat lokal? Dari situ gue cari tau. Gue masih lebih respek sama gereja di desa yg jemaatnya kasih sayur ama ayam buat persembahan. Pendetanya makan gak makan. Bahkan kadang gak bisa nikah krn gak ada duit. Total pengabdian tanpa faktor duit situ. Tapi kalo udah menggurita kaya wahabisme Islam atau kaya dominionisme kristen, simpati udah hilang. Duit jadi tuhan. MH itu pendeta cewek dari luar. Anak ceweknya mau rebut dinastinya tapi si ibu gak mau. Sama2 seneng bau duit soalnya.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino)

One thought on “Kekristenan dan Politik

  1. altamarea

    Terima kasih tulisan yg lugas dan to the point. Walau saya teis, ya, agama selalu dibonceng politik, kekuasan, perebutan hasil bumi..

    Mungkin sedikit orang yang tahu bahwa pasukan Al-Qaeda dulu adalah teman yg Amerika ‘bentuk’ untuk mengusir Rusia dari Timur Tengah. Arab Saudi juga teman dekat Amerika, menyediakan pangkalan militer untuk Amerika di tanah mereka. Wahabisme fundamentalis yg disponsori oleh Arab Saudi ke seluruh penjuru dunia itu dari mana ya dananya…..?
    Padahal siapa sih sahabat paling baik Amerika kalau tidak lain tidak bukan adalah Zionis.

    Kaum religius tradisional dan masyarakat biasa jadinya yg keseret-seret. Begitu Indonesia pecah perang saudara atau rusuh kyk Timur Tengah (naudzubillah), dengan mudah kita bisa bayangkan siapa-siapa yg dgn lebih mudah bakal datang ngobok-obok tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s