“Bitch, please…!!”

Standard

Sampe skarang gue gak setuju konsep kultwit. Don’t take your internet for granted, kalo mo tanya referensi semuanya ada di sana. Konsep kultwit bikin orang jadi persona. Jadi oracle. Gak beda kaya jaman dulu di mana orang2 tertentu jadi nabi atau rasul.

Kalo gue share sesuatu di sini, jangan langsung percaya apa kata gue. Buka internet dan buku-buku elo. Bandingin datanya. Kalo elo temuin datanya salah, gue bakal seneng dikoreksi. We are all equal. Gak ada tuh namanya elites or chosen ones.

Ini jaman internet di mana semua orang bisa ada data. Kita gak lagi hidup dan (harusnya) menolak hidup di jaman teokrasi. Jaman teokrasi cuma orang2 tertentu yg boleh nyalin atau baca kitab suci. Dan cuma orang2 tertentu yg melek huruf. Dulu semuanya ditanya ke oracle, orang ‘pintar’, dukun dll. Orang gak dilatih berpikir utk dirinya sendiri. Akhirnya keluar pertanyaan aneh2, mulai dr “lg puasa tapi ketelen ludah pas ngorok batal gak?” sampe “hari ini pamali baju warna apa?”

Sekarang jaman internet, pertanyaan2 kaya gitu akhirnya dijawab dengan “Bitch, please…!!” :)

Jangan kaget kalo ratusan taun ke depan gak ada lagi guru. Gak ada lagi kelas. Gak ada lagi pemerintah. Gak ada lagi agama. Semua orang berbagi kesadaran kolektif yg sama. Gak ada pemimpin. Gak ada umat. Masyarakat madani yg murni.

Jaman teokrasi, yg mau belajar baca dilarang sama yg melek huruf. Ada kepentingan di situ yg harus dilestarikan.

Jadi kenapa bertaruh segalanya untuk agamamu jika ternyata itu hanya diciptakan untuk melestarikan kepentingan tertentu?

 

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s