Sarkas?

Standard

Kenapa sih mesti sarkas? Setiap orang punya kesukaannya masing masing. Mulai dari selera musik, sampai makanan. Menurut saya, juga. Banyak penyampaian. Nggak harus itu itu aja. Sarkas itu bagi saya seni. Seperti penyampaian “ini nggak enak”, – bisa disampaikan dengan: “makanan ini rasanya kayak lilitan mumi yg belum dibalsemin sejak firaun menes berkuasa”

Kenapa sarkasme? Saya cinta sarkasme. Sesederhana itu. Tidak panjang lebar, komat kamit, pake doa, sesajen, nungging 8 kali. Suka yah, suka. Seperti suka sama pacar, suka makan bebek goreng, suka ke pantai, suka bersepeda, suka musik klasik. Walaupun, orang lain bilang cewek yg saya taksir jerawatan, muka minyakan, rambutnya acakan. Tapi kan saya suka. Mungkin juga, karena saya bosan dan muak dengan penyeragaman. Dunia harus jadi satu warna.

Kita dikelilingi oleh hipokrit. Kebobrokan ditutupi, dengan kata kata manis. Orang hanya mau mendengar yg baik baik saja. Orang tidak ingin mendengar sesuatu yg jelek. Walaupun itu kebenaran. Itu yang sedang terjadi. Sekarang, sudah jarang orang jujur. Yg berani berkata kebenaran. Karena, dirinya sendiri bisa terancam. Memang, sepertinya saya harus minta maaf. Karena pemikiran, lebih bebas, lebih sejati di alamnya. Tapi, saya harus membekukan, menuliskan, menyuarakannya, walaupun dengan segala kekurangan saya. Dan seringkali, saya harus pakai sarkasme, sebagai salah satu penyampaian. Dan saya, mencoba sebisa mungkin untuk menuliskan pikiran ini ke dalam sarkasme cantik. Sebelum sarkasme itu dilarang. Selebihnya, mungkin karena saya khawatir, pemikiran itu bakal lenyap, hilang. Karena sudah tidak ada lagi yang berpikir. Karena itu, saya mencoba sebisa mungkin, agar pemikiran itu harus tetap ada. Dalam bentuk apapun. Termasuk sarkasme.

Leave a Reply

