evolusi (basic)

Standard

Bumi masih baru terbentuk, 4,5 milyar tahun yang lalu. Sangat panas. Reaksi kimia terjadi di sana sini. Selama milyaran tahun, bumi menjadi “laboratorium” dan “eksperimen trial and error” berbagai reaksi kimia. Unsur demi unsur bercampur, senyawa kimiawi terbentuk. Saling terus bercampur dan bermodifikasi. Butuh waktu yang sangat lamaaaaaaa, hingga akhirnya terbentuklah zat-zat seperti air dan udara.

Mungkin keajaiban, mungkin kebetulan, tapi akhirnya terbentuk mahluk organik pertama bersel satu. Mahluk ini tidak hidup, bukan juga benda mati. Tapi sangat unik: dia miliki kemampuan membelah diri. Dia hidup di laut pertama yang terbentuk, penuh dengan unsur kimiawi yang dibutuhkan untuk membelah diri. Dia terus membelah diri, terus copy-paste dirinya sendiri, untuk memastikan agar dirinya tetap ada di dunia.

Dari jutaan kopian dirinya sendiri, ada satu kopian yang sedikit berbeda. Inilah mutasi pertama. Mutasi terjadi tanpa ketentuan, yang jelas semakin banyak dia membelah diri, semakin banyak pula mutasinya. Tanpa dia sadari, hasil mutasi2 itupun juga bisa membelah diri! Menghasilkan mutasi lainnya yg lebih beda. Sampai akhirnya lautan (disebut: sup primordial) penuh dengan berbagai jenis mahluk bersel satu. Makin banyak sel-sel itu membelah diri, makin banyak “makanan” yg dibutuhkan. Sampai mereka harus rebutan. Ketika “makanan” semakin jarang, kompetisi diantara sel-sel tersebut makin tinggi. Mereka harus beradaptasi. Hasil adaptasi menghasilkan mutasi yang lebih ganas: ada yg makan sel lainnya, ada yg nempel jadi parasit, dll.

Semuanya dimulai ketika ada sel yang membelah diri tapi tetap jadi satu kesatuan organisme yang sama. Persaingan makin ketat, dan sel-sel tersebut beradaptasi menjadi organisme-organisme yang makin kompleks. Kumpulan jutaan sel dalam kesatuan organisme yang sama, membentuk hewan pertama. Ada begitu banyak macam variasi dan jenis mutasi, semua beradaptasi untuk bertahan hidup.

Ketika “makanan” sudah semakin menipis di sup primordial, hewan itu akhirnya merangkak keluar dari laut. Kompetisi membuat mereka membentuk fitur yang memungkinkan untuk bertahan hidup: mulut, sirip, tangan, kaki. Milyaran tahun lamanya, perlahan semuanya berubah. Ikan menjadi reptil, reptil menjadi mamalia.

“Teori bullshit!” | Bullshit karena kau gak bisa menalar arti MILYARAN TAHUN. Otak manusia gak bisa cerna.

Bayangin, kalo kau hidup abadi dan dikurung di sebuah lab kimia dengan rescource unlimited. Selama milyaran tahun kau campur-campur semua unsur yg ada, hasilkan segala reaksi kimia yang mungkin terjadi. Dari segi probabilitas, kaupun bisa hasilkan kehidupan. Tapi kau hanya hidup 80 tahun. Terlalu pendek bagi semesta. Seekor monyet dikasih mesin tik, dan kasih milyaran tahun. Secara probabilita, dia bisa bikin buku Shakespeare. Meski si monyet cuma asal pencet tuts, tapi kalo ada waktu milyaran tahun, probabilita doi bikin buku jadi mungkin. Kalo kau lempar koin 1 milyar kali, mungkin gak nanti bakal keluar gambar 10ribu kali berturut-turut? Mungkin.

Tentunya ketika teori ini dipublikasikan, ada banyak reaksi yang menentang. Siapa lagi kalo bukan pihak agamawi. Sebelum ilmu genetika berkembang semaju sekarang, persamaan nenek moyang dibuktikan lewat persamaan fitur tubuh. Contohnya: SEMUA mamalia memiliki karakteristik fisiologis yang sama, karena miliki nenek moyang yg sama. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu genetika, makin terbukti. Semua mahluk hidup miliki kode DNA yang sama. Manusia, tikus, ikan, burung, kepiting, cacing, dll.. Kita semua miliki persamaan DNA yang diturunkan. Mahluk bersel satu, nenek moyang segala mahluk hidup, diberi nama: LUCA (Last Universal Common Ancestor).

Silakan baca Discovery News: All Life On Earth Derived From Common Ancestor http://t.co/bWGmGCay

Atau baca penjelasan mengenai LUCA di http://t.co/FepPLB9m http://t.co/9hZhVjbf

“A universal common ancestor is at least 10^2860 more probable than multiple ancestor.” –Douglas Theobald

Dengan adanya bukti genetika yang seakurat itu, kisah penciptaan di kitab suci jadi seperti dongeng anak-anak. Teori evolusi tidak membuktikan bahwa Tuhan tidak ada. Betul! Tapi buktikan kisah Tuhan menciptakan dunia itu bullshit. KALAUPUN Tuhan ada, dia tidak menciptakan manusia, anjing, pohon, dsb. Doi hanya nyiptain satu bakteri kecil saja.

Teori evolusi memang gak bilang bahwa gak ada Tuhan. Tapi yang jelas, itu MEMATAHKAN kisah penciptaan di taman Eden. Dan kalo kisah penciptaan di taman Eden adalah bullshit, BISA JADI semua isi kitabmu adalah bullshit. Who knows?

Yang bilang manusia berasal dari monyet harus dikeplak rame2, ditelanjangi, dan kasih tulisan di dadanya: I’M AN IDIOT! Kalimat “Manusia berasal dari monyet” aja udah salah secara logika. Otak ya dipake toh, jangan jadi pajangan. Manusia berasal dari monyet? Monyet yang mana? Ada 260 spesies monyet yang diketahui saat ini. Btw, tau gak kalo Monyet itu berbeda dengan Kera. Nah manusia itu lebih mirip kera daripada monyet. Jadi kalo bacot jangan asbun, kan kamu jadi mirip monyet beneran. Mungkin nenek moyangmu emang monyet kali. Manusia BUKAN hasil evolusi dari kera, tapi miliki nenek moyang yang SAMA. Coba ngertiin bedanya.

Darwin GAK PERNAH bilang manusia itu berasal dari monyet. Doi bilang manusia dan monyet berasal dari mahluk yg sama. Dengan segala bukti fosil dan genetika yang ditemukan para ilmuwan, masih percaya kisah penciptaan di taman Eden? Tuhan menciptakan hewan di hari ke-5, manusia di hari ke-6 dan nyuruh Adam kasih nama hewan2 tsb?

Teori evolusi lengkap dengan bukti genetika, kamu gak percaya. Tapi manusia dari tanah liat, kamu percaya?

Tuhan di taman Firdaus bilang “Kun fayakun!” Boom! Muncul singa dan jerapah. | Lebih masuk akal dari evolusi?

It’s easier to believe that the magician has real magic, to know his secret would ruin the fun.

Lebih percaya kalau kelinci bs muncul dari topi, daripada dibilangin kalo kelincinya diambil dari kotak dibawah topi tsb? Cuma umat beragama yang percaya penciptaan kun fayakun, sama kayak anak kecil yang percaya sulap sim salabim.. Boom!

Wajib nonton video animasi pembuahan manusia, dan liat bagaimana sel membelah diri. Super keren! http://t.co/8s468ze0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s