Ada dan Tidak Ada

Standard

Syarif Maulini: min iseng aja nanya min. Bagaimana dgn soal bahasa. Apa sebenarnya beda antara “ada” dan “tidak ada”? Yang percaya Harry Potter ada, merasa tidak perlu bukti secara faktual. Aquinas bilang, “kalau bilang “cinta itu tidak ada” artinya dia sekaligus “ada”.

Melanjutkan pertanyaan kemarin, saya klarifikasi posisi saya, nanti kita lihat apa masih ada ruang untuk diskusi. Posisi saya ateis lemah (ateis agnostik), saya gak pernah sesumbar bilang TUHAN ITU GAK ADA KARENA GAK ADA BUKTI. Mengklaim tuhan tidak ada karena gak ada bukti, adalah cacat logika: Argumentum ad ignoratiam.

Argumentum ad ignoratiam : tidak ditemukan bukti X, bukan berarti X tidak ada

Ketiadaan hanya valid dalam kondisi yang terbatas. contoh: saya bisa 99.9% pede ngeklaim tidak ada permen di kantung saya. Dalam kondisi yang lebih besar, yang tidak mampu diukur secara akurat, saya gak kapabel untuk mengklaim ketiadaan. Itulah alasan saya gak pernah bilang “tuhan tidak ada, karena gak ada bukti”. Tapi ketiadaaan bukti dan keabsurdan konsep tuhan, adalah alasan saya TIDAK PERCAYA sama eksistensinya. Alasan saya ateis, persis dengan rekan lain yg jadi teis (beriman) : KETIADAAN BUKTI. Jadi sebenarnya ini bukan isyu ada/tidak ada, tapi percaya/tidak percaya. Hanya saja, banyak teis yg jump into conclusion : tidak percaya tuhan sama dengan bilang tuhan gak ada.

Jika saja banyak teis yg menyadari kalau dasar mereka iman, gak ada hal yg saya debat. Iman gak butuh bukti. Perdebatan terjadi, ketika mereka menawarkan iman mereka kepada saya, bahkan membawa anecdotal evidence. Mengenai “ada” yg saya maksud bukan sekedar esensi, tapi juga eksistensi. Tuhan yg hanya mampu bersemayam di esensi, gak layak buat disebut tuhan dan pembuktian tuhan gak bisa dikomparasi dengan pembuktian tokoh sejarah, kecuali dia sudah mati.

Leave a Reply

