Kejujuran Mengenai Ketidaktahuan

Standard

Dari mana kita berasal? Saya tidak tahu. Kalau saya tahu jawabannya, saya sudah kaya raya. Tapi saya tahu, sejauh ini, mereka yang mengaku tahu, gak memiliki bukti kuat untuk opininya tersebut. Saya belajar jujur sama diri sendiri. Kalau gak tahu, bilang aja demikian. Jangan bikin malu dengan jadi sok tahu. Gak ada yg aneh, kalau manusia gak tauk.

Banyak yang lupa kalau kita bisa cari tahu. Dulu petir dipercaya adalah milik zeus, sekarang kita sudah tahu bagaimana petir tercipta. Dulu tikus dipercaya lahir dari tumpukan kain rombeng, sekarang kita tahu kalau itu salah besar.

Kelebihan sains dari agama adalah: sains itu jujur. Kalo gak tau yah bilang gak tau, gak kayak agama yg sok selalu tau. Kelebihan sains dari agama adalah: sains bisa dikritik dan selalu berkembang maju. Gak kayak agama yg gak boleh dikritik. Kelebihan sains dari agama: sains bisa dikritik dan dikoreksi, terus berkembang. Gak kayak agama, kalo kritik dibakar.

Para ahli masih berkutat mencari tahu darimana kita berasal. Tidak ada yg aneh dengan itu. Pengetahuan manusia berkembang seiring waktu, bukan sesuatu yang statis. Dan keterbatasan manusia, bukanlah bukti kalau ada sesuatu yang tidak terbatas di luar sana. Tentang batas manusia, kayaknya ilusi. Kenapa? sampai sekarang pengetahuan masih terus berkembang, belum mandek.

2 thoughts on “Kejujuran Mengenai Ketidaktahuan

  1. bagus julian

    kalau soal evolusi gimana ? bukannya atheis ( saya menyebut atheis tdk dengan maksud rasis , seperti kalian menyebut china beserta prasangka kalian lho ) menyodorkan evolusi sebagai salah satu usaha menunjukkan asal muasal manusia ( kurang lebih begitu yg saya tangkap ) sedangkan tak ada satu fosil pun yg mendukung ( fosil yg ditemukan ternyata hasil rekayasa , dan kayaknya usaha banget deh sampai merekayasa segala )

  2. kalfestino

    @bagus: “sedangkan tak ada satu fosil pun yg mendukung ( fosil yg ditemukan ternyata hasil rekayasa)”
    boleh minta sumbernya mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s