sunat

Standard

Kenapa Tuhan ciptain kuncup penis kalo akhirnya dia suruh potong juga? Kurang kerjaan apa? Sunat alasannya kesehatan, Sama aja. Berarti defaultnya diciptain gak sehat? Gak sempurna dong ciptaannya.

Tidak ada yang tahu, asal usul sunat yang pasti. Dalam sejarahnya, sunat bisa berarti banyak hal. Sunat telah dikenal sebagai ritual agama, pada beberapa budaya, ritual masuknya seorang pria pada kedewasaan. Pada beberapa budaya, sunat sebagai penanda status sosial, atau dipergunakan untuk mempermalukan musuhnya secara simbolis. Ada bermacam macam arti dari sunat itu sendiri. Tergantung budaya dan asal usul pembentukannya. Bukti tertua yg mengenai sunat berasal dari kebudayaan Mesir kuno. Sunat juga diadopsi oleh bangsa semit di sekitar Mesir. Pada beberapa suku di Afrika, sunat adalah upacara seorang pemuda masuk pd kelas ksatria dan tandanya masuk pada kedewasaan. Pada suku tersebut, sunat sebagai identitas, kebanggaan, tanda kejantanan dan penerimaan di masyarakat. Jadi, sunat bukan monopoli suatu agama atau budaya. Banyak budaya mengenal sunat dan telah menjadi tradisi turun temurun.

Apa seseorang harus dianggap kafir, kotor, najis, berbeda kalo nggak sunat? Ini pikiran primitif najis kurang ajar! Praktek sunat tradisional di afrika selatan, memakan 39 korban dalam kurun waktu 1 bulan. Terus, kita mesti maksa orang orang yg teknologi kedokterannya belum sampai kayak kita buat sunat juga? Sunat adalah pilihan. Titit kita masing masing, yah diurus masing masing. Nggak usah sok ngatur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s