realita eksistensi tuhan

Standard

Manusia bergantung pada indranya untuk meyakinkan keberadaan sesuatu, sejauh ini hasilnya lumayan baik. Kamu yakin kulkas itu ada, karena kamu bisa melihatnya dan kalau kamu nabrak kulkas, sakit rasanya. Indra perasa dan lihat digunakan untuk hal yg terjadi pada contoh yang baru saja diberikan.

Tapi indera itu terbatas, tidak semua yang ada bisa diyakini jika hanya menggunakan indera. Udara, gelombang radio, bakteri, etc, tidak bisa dideteksi oleh indera manusia. Karena itu manusia menggunakan teknologi untuk memperluas keterbatasan inderanya. Dengan mikroskop, kita bisa MELIHAT bakteri. Dengan Televisi kita bisa MELIHAT dan MENDENGAR hasil dari gelombang. Dengan metode forensik, kita bisa mengetahui keberadaan sesuatu di masa lalu (walau belum tentu 100% akurat). Fosil untuk makhluk yg sudah punah, berkas cahaya untuk dinamika semesta. Jadi, segala sesuatu yang diyakini ada, bisa dirasakan oleh indera. Dengan kemajuan teknologi, keberadaan baru akan terus ditemukan. Realita generasi penerus anda akan berbeda dengan realita anda.

“NAH, kamu ngaku kan yg gak bisa dibuktikan, belum tentu TIDAK ADA?” saya yakin bakal ada respon sejenis ini. Banyak teis yg berargumen bahwa tuhan itu eksis di luar batas indera manusia, gak bisa dicapai pakai tekhnologi. Ok, jika memang tuhan itu (katanya) maha bisa, kenapa bisa dihalangi oleh keterbatasan indera manusia? Hanya ada 2 kemungkinan logis : Tuhan GAK MAU eksis di realita manusia, atau memang gak ada. Jika tuhan GAK MAU eksis di realita kita, yah jangan dipaksa lah, nurut saja. Jika tuhan gak ada, yah ngapain juga mengada2 (selain kamu lagi ngarang cerita).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s