undian pascal (pascal wager)

Standard

Argumen “logis” teis yang paling populer adalah undian pascal (Pascal Wager). Tuhan ada tidak ada = 50:50. Kalau kamu gak percaya, trus tuhan ada, masuk neraka. Mending percaya aja deh. Percaya sama tuhan, gak ada ruginya. Kalau kamu percaya dan dia gak ada, gak bakal diapa2in kan?

Argumen Pascal cerdas, sayangnya dia lupa satu detil kecil, TUHAN YG MANA? Ada puluh ribu tuhan yg tersedia di dunia ini, zeus, ra, yahweh, elohim, allah, horus, dan MASIH BANYAK LAGI! Kamu harus milih salah satu dari mereka, dan kalau salah, kamu masuk neraka.

Jadi kalau secara matematis. Probabilita kebenaran ateis adalah 50%, teis 50% dibagi jumlah tuhan yg ada di dunia ini. Silakan pilih.

Masih ada satu lagi yang dilupakan pascal. PERCAYA ITU BUKAN PILIHAN. Percaya atau tidak sama sesuatu gak bisa kamu pilih. Itu reaksi. Contoh : teman kamu ngaku kalau dia adalah dewa bulan. Kamu tidak percaya. Trus dia nawarin kamu 1 trilyun untuk percaya. Uang sebesar apapun gak bakal bisa bikin kamu percaya sama dia. Kalaupun kamu bilang percaya, kamu lagi berbohong. Karena itu sebenarnya Pascal Wager itu BASI. Mungkin keren di jamannya. Tapi gak sekarang. Kamu bisa memilih agama, tapi KAMU GAK BISA MEMILIH UTK PERCAYA TUHAN.

Dan percayalah… Kalau tuhan memang ada, Dia bakal memahami kenapa saya tidak percaya Dia. Kalo tuhan bisa mengampuni pembunuh dan pemerkosa, masa dia gak mengampuni atheis yg baik hati ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s