sekilas mengenai buddhism

Standard

Buddha kurang cocok dianggap agama, tapi karena dilembagakan dan di Indonesia harus di sebut “agama” jadi agama deh. Dunia akan lebih damai jika lebih banyak orang menganut Buddhism, dan mungkin akun ini tidak akan pernah dibuat. Buddhism adalah “agama” yang paling damai penyebarannya. Tidak ada perang dan darah tertumpah mengatasnamakan Buddha.

Agama Hindu adalah hasil kompilasi dari berbagai tradisi India kuno dan tidak punya pendiri. Sebenernya bukan “agama” juga. Buddhism adalah bentuk reformasi dari Hindu. Sidharta Gautama sendiri tidak pernah mendirikan “agama” Buddha. Sama seperti Yesus yang mereformasi Judaisme. Yesus tidak pernah mendirikan “agama” Kristen, doi penganut Judaisme. Karena Buddhism adalah paham tanpa “Tuhan” jadi Anda bisa beragama Islam atau Kristen dan mempraktekkan Buddhism.

Buddhism percaya pada 4 kebenaran:
(1) Dukkha: Hidup adalah kesengsaraan dan penderitaan. Kita menderita di dunia ini.
(2) Samudaya: penyebab penderitaan adalah keinginan. Kita mengejar keinginan seperti hamster lari di roda. Gak ada habisnya.
(3) Nirhodha: cara akhiri penderitaan adalah dengan lepaskan diri dari keinginan. Dengan disiplin, kedamaian akan tercapai.
(4) Magga: Cara melepaskan diri dari keinginan dan mencapai kedamaian adalah dengan mempraktekkan 8 Jalan Kebenaran.

8 Jalan Kebenaran adalah: (1) Pengertian Benar, (2) Pikiran Benar, (3) Berkata Benar, (4)Perbuatan Benar, (5) Penghidupan Benar, (6) Usaha Benar, (7) Perhatian Benar, (8) Konsentrasi Benar.

Buddha mengajarkan untuk lepaskan diri dari keinginan dan ikatan apapun, termasuk ikatan pada Sang Buddha sendiri. Karena itu kalo ada orang berbuat jahat pada kita, dari sudut pandang Buddhism respon kita adalah mengikhlaskannya. Karena kemarahan dan keinginan membalas adalah sebuah ikatan emosional yang buat kita menderita. Jadi diikhlasin aja. Tidak ada balas dendam, tidak ada mata ganti mata, tidak ada bakar-bakaran, tidak penghukuman, tidak ada hadiah. Konon Yesus pun terinspirasi oleh Buddhism, makanya: “Kasihilah musuhmu, kalo ditabok pipi kiri kasih juga pipi kanan”. Tapi itu cuma spekulasi belaka, gak ada bukti apapun kalo Yesus pernah belajar dan terinspirasi Buddhism.

Coba perhatikan, ajaran Buddha sama sekali GAK ADA Tuhannya. Ajarannya BUKAN karena Tuhan yang bertitah dan mengatur. Karena memang bukan perintah Tuhan, jadinya gak ada hukuman dan hadiah. Gak ada konsep “surga dan neraka”. Kekurangan ajaran Buddha kalo menurut kami adalah kemistisannya, seperti berbagai jenis alam (dimensi) bagi mahluk-mahluk.

Seorang nabi menunjuk ke arah bulan, dan umatnya sibuk mengagumi tangan sang nabi, ini gambaran umum Buddhist yg saya temui. Sidarta gak pernah ngajarin reinkarnasi, melainkan bhava (evolusi kesadaran), tapi reinkarnasi malah jadi dogma populer. Bahkan bante-nya ada yg ngajarin itu pake bukti past life regression, lucu banget. Past life regression itu masih dianggep dagelan di dunia psikologi, tapi dianggep bukti. Asli itu sikap yang gak “buddha” banget.

“Jangan percaya apapun kalau kamu baru mendengarnya, didengungkan banyak orang, atau ditulis di kitab.” Ini kan pesan Siddharta? Tapi hampir semua Buddhist yang saya temui BERIMAN sama reinkarnasi, ironis! Reinkarnasi itu konsep hindu.

Pendeta zen linji, lebih ekstrim lagi: kalau kau bertemu dengan yang mengaku Buddha di tengah jalan, “BUNUH”lah dia. Skeptisisme linji dibawa ke titik ekstrim. Luar biasa. Well, semoga para Buddhist berhenti mengagumi Siddharta dan mulai melihat kemana tangan beliau diarahkan.

One thought on “sekilas mengenai buddhism

  1. L

    memang benar, Buddha mengajarkan ehipassiko d mana manusia sebaiknya mempelajari dan membuktikan sebelum menerimanya termasuk terhadap Buddhisme itu sendiri. Konsep seperti rebirth/kelahiran kembali/evolusi kesadaran (istilah yg lebih tepat dr reinkarnasi), 31 alam kehidupan, dll pun masih belum terbukti walaupun bnyk sekali umat Buddha yg mempercayainya. Saya sendiri sebagai Buddhis juga mempercayai tapi tidak masalah apabila hal” itu pada akhirnya tidak ada. Itu karena konsep yg ditawarkan bagi saya menarik. Yg paling penting menurut saya adalah 4 kebenaran mulia dan jmb 8 karena memang itu intinya. Konsep lain bagi saya hanya sebagai tambahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s