penciptaan? basi woi..!

Standard

Kenapa oh kenapa, setiap kali ngetwit pasti banyak yg nanya out of topic: siapa pencipta alam semesta, siapa pencipta manusia? Meskipun kami sedang ngetwit tentang moral, sejarah, Buddhism sekalipun, yang ditanyain selalu penciptaan lagi, penciptaan lagi..

Mas, bung, mbak, sis, bagaimana terciptanya alam semesta itu GAK ADA yang tau dan BELUM ADA yang tau. Para ilmuwan selama berabad-abad terus menguak tabir demi tabir misteri, perlahan namun pasti, suatu saat akan ditemukan.

Kalo Anda percaya penciptaan bumi oleh sosok gaib yang duduk di singgasana di atas awan, apa bedanya dengan mitologi? Mitologi Mesir: pada mulanya hanya ada Nu, air yang bergejolak. Dari Nu lahirlah Ra, matahari yang menyinari dunia. Samoan mitologi: Tangaroa menciptakan dunia dan isinya hanya dengan berpikir. Ia memisahkan bumi dengan langit. Mitologi Maya: Pada mulanya adalah Tepeu dan Gucumatz. Mereka berdua berpikir dan apapun yang dipikirkan tercipta. Kisah penciptaan Judaisme (yang juga milik Kristen dan Islam) kemungkinan diadopsi dari mitologi Babilonia dan Mesopotamia. Banyak persamaan analogi dan tahapan proses penciptaan. Dan ini bukan hal baru, adaptasi budaya terjadi di segala jaman.

Setiap budaya dan kepercayaan memiliki kisah mereka sendiri untuk menjelaskan terjadinya alam semesta. Kalo teori Big Bang yang pake itungan dan ilmu fisika aja belum tentu benar, apalagi mitologi kitab ribuan tahunmu itu.

Pada mulanya hanya ada Tuhan, ia menciptakan langit dan bumi. 6 hari dia menciptakan isinya, hari ke-7 istirahat. Gak ada beda dengan mitologi Yunani, Norse, Aztec, China, Aborigin, dsb. Diceritakan sambil ngelilingin api unggun. Itu adalah cara manusia primitif menjelaskan tentang alam, cara mereka memuaskan keingintahuannya: membuat cerita. Kenapa kamu gak percaya kisah penciptaan suku Maya atau Yunani? Tapi tetep percaya kisah penciptaan suku Yahudi? Kamu bisa gak percaya sama Zeus, Ra, Amaterasu, Odin dan sebagainya, tapi kamu percaya sama Yahwe dan Allah. Itu namanya delusi.

Kenapa Yahwe dan Allah masih bertahan sampe sekarang? Sederhana: karena pengikutnya pake pedang dan gila perang. Cuma pengikut Yahwe yang ngebantai pengikut dewa lain saat itu, dewa Baal. Dibantai, dirampok, dibakar, dimusnahkan. Cuma pengikut Allah yang ngebantai pengikut agama lain dan memusnahkan dewanya. Liat Iran, budaya Persianya habis. Pengikut Zeus gak ngebantai pengikut Helios, pengikut Ishtar gak ngebantai pengikut Marduk. Mereka beradab. Kenapa saya gak nyebut Yesus? Karena Yesus bukan dewa, apalagi Tuhan. Dia manusia biasa kayak Siddharta Gautama.

Kenapa cuma Yahwe dan Allah yang bertahan? Bukan karena benar, tapi karena kekuatan dan propaganda. Sama kayak Suharto. Suharto bertahan 30 tahun, bukan karena dia pemimpin yang benar tapi karena kekuatan dan propaganda. Akhirnya jatuh. Suatu hari, Tuhanmu akan hilang dari muka bumi ini dan dianggap mitologi sama seperti Zeus dan lain lain. Oh, saya sungguh berdoa.

“Tapi sudah bertahan 2000 tahun tuh, gak hilang-hilang juga!”. Hey, polytheisme juga bertahan 3000 tahun. Sebelum polytheisme ada animisme, yang juga bertahan lama sekali. Mungkin puluhan ribu tahun, tapi akhirnya hilang. Perkembangan budaya dan teknologi akan menggeser kepercayaan yang ada, karena agama adalah bagian dari budaya. Jadi ketika budaya dan agama sudah tidak lagi kompatible, agama yang lama akan digeser oleh sistem kepercayaan baru.

Dalam kasus ini, sains yang akan menggantikan agama di masa depan. Kita sedang di masa transisi, makanya masih tabrakan. Kita sedang berada di masa transisi perpindahan dari agama ke sains, makanya terasa banget masih tabrakan sana sini. Saat ini tercatat setidaknya 1,1 milyar orang mengaku atheis atau agnostic. Kurang lebih 15% dari total populasi dunia. Di Indonesia sendiri, atheis sudah diperbolehkan diakui keberadaannya oleh pemerintah (Baca http://t.co/mV3hAkmw). Hilangnya agama tidak terjadi dalam waktu dekat. Yah setidaknya cucu kita gak bakal dibegoin sama ustad dan pendeta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s