anda terhina?

Standard

Teis indonesia memang mudah resah, karena tidak biasa BERBEDA. Semua perbedaan disembunyikan di bawah ranjang. Dialog mencari persamaan, bukan menerima perbedaan. Padahal jelas jawabannya di penerimaan. Ada puluhan kepercayaan, hanya 5 yang diakui. Kata pemerintah, sisanya perlu “diedukasi”, menggelikan. Semua harus uniform, 5 perbedaan saja sudah terlalu banyak.

Perbedaan pendapat hanya meresahkan kalau anda selalu merasa paling benar, dan inilah momok utama. Karena berasa paling bener trus, gak pernah diadu debat, jadi sensitif, ujung ujungnya intoleransi.

Sadarilah, eksistensi agama yang berbeda, secara default MENGHINA satu sama lain. Kekristenan “terhina” dg saksi yehova dan sunni “terhina” dengan ahmadiya dan syiah. Lucunya mereka gak terhina satu sama lain. Ajaran yesus masih perlu “disempurnakan” muhammad? Apa gak menghina hah? Menurut buddhis, yesus itu manusia tercerahkan, bukan tuhan, menghina kan? Anda akan tidak menemukan ini dalam dialog publik, karena dihindari. Terlalu sensitif dan menghina.

Secara nature uniformity adalah behavior makhluk hidup, kita berkelompok dengan grup yang sama. Alasannya logis, sedikit perbedaan, gak banyak problem, bertahan hidup lebih baik. Kebhinekaan bukanlah sesuatu yg natural, itu ide, sama seperti baik jahat, adil tidak adil. Ide logis yang menentang naluri manusia untuk berkelompok dalam kotak ras, karena akan saling merugikan. Karena itu kebhinekaan perlu DIPERJUANGKAN untuk jadi budaya, gak bakal terjadi dengan sendirinya.

Anda terhina karena saya gak menghormati agama anda? Agama jadi identitas yg lebih superior dari eksistensi anda sendiri. Anda terhina, padahal saya tidak menghina anda secara pribadi. Pengkotakan eksistensi anda ke dalam grup yang lebih besar, mengancam kebhinekaan. Anda jadi mudah resah dan tersinggung. Padahal, bukannya iman anda itu hubungan pribadi sama tuhan? kok jadi mirip kayak ideologi politik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s