agama warisan

Standard

Agamamu adalah warisan orang tuamu, bukan hasil pencarianmu sendiri, bukan hasil pemikiranmu sendiri. Coba dipikirkan. Kamu Islam karena lahir di keluarga Muslim. Kamu Kristen karena dari kecil sudah diajak ke gereja. Agama keturunan. Kalo kamu lahir di India, kamu akan jadi Hindu, gak makan sapi, dan suka nari di bawah hujan sambil peluk pohon. Bila kepercayaan kamu sangat bergantung pada lingkungan di mana kamu dilahirkan, apakah hal itu memang kebenaran?

Bila kamu dilahirkan di keluarga atheis, kamu akan ngerti: tidak perlu menyembah sosok imajiner hanya untuk merasa baik. Agamamu ditanamkan dalam kepalamu oleh orang tuamu dari semenjak kamu belum bisa berpikir, jangan merasa bangga atasnya. Apa dasar kebanggaan semu milikmu? Apa kamu pelajari agamamu luar dalam? Apa kamu sumbangkan harta demi orang miskin?

Berbuat baik saja minim, ritual agamapun hanya formalitas, lalu apa yang membuat kamu lebih baik dari atheis? Atheis tidak punya kewajiban untuk berbuat baik, tapi kamu punya. So, apakah kamu sudah berbuat baik hari ini?

Sudahlah, mari kita saling jujur dan blak-blakan.. Bagimu agama hanyalah sarana untuk merasa jadi orang yang baik kan? Agama hanyalah formalitas, seperti membeli asuransi pada saat sehat waalfiat. Baru terasa pentingnya kalo sudah sakit.

Bila orang sungguh percaya pada agamanya, maka ia akan menghabiskan hidupnya untuk berbuat baik pada sesama. Bila orang sungguh percaya agamanya, ia akan habiskan hidupnya melayani anak-anak jalanan, bukan memperkaya diri. Bila orang sungguh percaya agamanya, ia akan habiskan uangnya bagi para yatim piatu, bukan beli iPad dan Blackberry.

Jadi kalo orang ngaku beragama tapi hanya memikirkan diri sendiri, lalu apa gunanya punya agama dan kitab sucinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s