Ras, Suku, Bangsa dan Ideologi

Standard

Banyak yang masih belum bisa memisahkan ras, suku, bangsa dan IDEOLOGI. Suku bangsa, dilihat berdasarkan budaya, sejarah, bahasa, etnis, dan lain lain. Sedangkan, ideologi adalah ide, sebuah jalan pikiran, yang mempunyai tujuan, ada aksi, dan cita cita di sana.

Seumpamanya, ada seorang etnis, bersikap rasis. Yang dilihat dan dituju bukan etnis, tapi ide yang ada di belakang otaknya. Seumpama Nazisme, ada juga orang jerman yang menentang Nazi. Karena bangsa jerman tidak sama dengan Nazi. Atau, zionisme dan Yahudi. Yahudi tidak sama dengan Zionisme. Karena ada juga orang Yahudi yang menentang zionisme. Dua hal ini, ideologi dan suku bangsa, sering dicampur adukkan menjadi satu, menjadi sebuah kekacau balauan.

Seorang Jerman (suku bangsa) belum tentu adalah seorang Nazi, tapi seorang Nazi dari suku apapun sudah pasti adalah Nazi. Seorang Indonesia, belum tentu adalah seorang Muslim. Tapi seorang Muslim, sudah pasti adalah Muslim, dari suku apapun.

Maka, jika FPI melakukan sebuah kekacauan, itu dilakukan, atas dasar AGAMA, dan bukan kesukuan. Oknumkah? Kalau darah saya yang kafir ini ada cap halal, dan itu atas putusan dari buku suci? Ataukah itu adalah bagian daripada ideologinya. yang menyetir isi kepala manusianya, hingga mempunyai pikiran seperti itu? Menjadi jelas, bahwa tindak tanduk FPI, MUI, ataupun hizbut tahrir, dikarekan itu adalah bagian daripada ideologi.

Seorang Nazi, zionis, rasis, atau apapun itu bukan sekedar label. Ada ide di sana, yang akan berubah menjadi aksi nyata, sewaktu waktu. Goblok banget, kalau ada yang bilang, “dia rasis. Tapi, jangan generalisasi, itu kan cuma label”. Rasis yah rasis. Contoh sederhana: merasa tuhannya paling benar, lantas yang lainnya adalah masyarakat nomor 2. Itu udah merupakan ideologi.

Nggak usah jauh jauh sampe ada bombing dan pembunuhan. Kalau agama memang membawa kedamaian dan kemajuan, kenapa semua bentuk kemajuan manusia tidak berasal dari kotbah di TV? Yang membawa kedamaian, persamaan hak, bukan agama. Tapi darah, air mata dan keringat orang-orang yang menginginkannya. Yang membawa kemajuan dan pengetahuan, bukan agama. Tapi dari keingintahuan dan rasa penasaran dari yang menginginkannya.

Compiled by: Kal Festino (twitter @kalfestino) | http://kalfestino.wordpress.com/

About these ads

One thought on “Ras, Suku, Bangsa dan Ideologi

  1. tentang ras yang paling sering dipublikasi. dari american civil war, holocaust, hingga di indonesia. yang paing menonjol adalah masalah slavery yang menjadi salah satu penyebab american civil war, hubungan dalam keagamaan sangat erat (baca genesis 9:20-27 curse of ham; The story’s original objective was to justify the subjection of the Canaanites to the Israelites,[6] but in later centuries, the narrative was interpreted by some Jews,[7] Christians and Muslims as a curse of, and an explanation for, black skin.) Nevertheless, many Christian denominations strongly disagree with such interpretations due to the fact that in the original biblical text, Ham himself is not cursed and race or skin color is never mentioned, and therefore, out of context in the story of Genesis 9.
    penelitian menyatakan, ras awal manusia (homo-sapiens) adalah hitam (black skin) yang kemudian berevolusi menjadi kulit putih akibat migrasi dari daerah tropis (http://en.wikipedia.org/wiki/Light_skin) Dark skin pigmentation was the original condition for the genus Homo, including Homo sapiens. However, as populations migrated away from the tropics between 125,000 and 65,000 years ago[7] into areas of low UV radiation, they developed light skin pigmentation as an evolutionary selection acted against vitamin D depletion.
    adolf hitler memulai era dengan holocaust karena menganggap ras arya adalah ras superior (http://en.wikipedia.org/wiki/Inferior_race). setelah pembuktian dari peneitian tersebut, apakah benar ras tertentu merupakan ras terkutuk dan ras tertentu merupakan inferior race?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s